Semiloka MGMP Matematika SMP DKI Jakarta

Sabtu, 16 Februari 2013, MGMP Matematika melanjutkan Curriculum Kerja Kegiatan Semiloka dan Bedah SKL. Kegiatan hari ke-2 ini diselenggarakan di Gedung Indosat, Merdeka Barat, Jakarta. Hari ke-1 sudah dilaksanakan pada hari Jum’at, 15 Februari 2013 di SMP Santo Antonius.

Agenda hari ke-2 adalah Strategi Menghadapi OSN (Drs. HM. Soleh, M. Ed), Bedah SKL II (Suhendro), Pendidikan Karakter (Dr. Kissumi, M. Pd).
Acara dibuka dengan sambutan Ketua pelaksana Bapak Sriyadi, S.Pd kemudian dilanjutkan oleh sambutan Ketua MGMP Matematika SMP DKI Jakarta Bapak Surachman, S.Pd. Kemudian dilanjutkan oleh Wakadis Bidang Kurikulum Bapak Prof. Dr. H. Agus Suradika. Dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi pada MGMP Matematika SMP DKI Jakarta. Semoga kegiatan ini terus ditingkatkan
Supporterda kesempatan ini juga, dengan resmi diterbitkannya Majalah Matriks (Matematika, Rekreasi, Informasi, Komunikasi dan Spiritualisasi)
Acara kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Pihak Indosat.
Drs. HM. Sholeh, M.Ed meneruskan dengan membawakan Materi Menuju OSN. Sebelum istirahat, Bapak Suhendro menyampaikan bedah SKL 2.
Setelah isoma, Dr. Kissumi, M.Pd menyampaikan materi Pendidikan Karakter. 
Hasil diskusi peserta semiloka hari ke-2 (di Gd Indosat,Sabtu 16-02-13) sesi Pendidikan karakter bangsa dibawah bimbingan nara sumber Dr. Kissumi untuk menjawab pertanyaan “Ingin menjadi figur seperti apakah Bpk/Ibu Intellectual dan bagaimana mewujudkannya?”begitu banyak dan bervariasi.Dari sekian banyak jawaban para peserta semiloka,dapat dirangkum antara lain sbb: 
Intellectual menginginkan dirinya menjadi figur :
1. Religius, dengan cara menjadi contoh dalam pelaksanaan ibadah sholat. Menegur, mengajak pesertadidik/teman intellectual melaksanakan ibadah sholat (wajib/sunnah) jika keadaan memungkinkan.
2. Disiplin, tepat waktu dalam kehadiran dan pelaksanaan pengajaran di kelas.
3. Peduli, Menjadi intellectual yang smart dan siap melayani kapanpun dibutuhkan, dengan membuka diri, memberikan nomor telpon, alamat sosial media/hurl by e-e-mail dll untuk menjawab pertanyaan anak didiknya.
4. Menjadi Tempat Curhat, siap mendengar setiap permasalahan, akademis/non akademis.
5. Bersih, mencontohkan dan menegur pesertadidik, mengajak menjaga kebersihan. Pelajaran di dalam kelas hanya bisa dimulai jika kondisi kelas bersih.
6. Menarik Dalam Penampilaan, berpakaian rapi, harmonis, serasi dan indah (tidak norak)
7. Motivator, Intellectual harus mampu mendorong dan meyakinkan diri percaya diri, bahwa percaya diri mampu menjawab soal-soal mapel matematika.
8. Percaya Diri, intellectual wajib tampil percaya diri untuk meyakinkan/menghipnotis percaya diri, memukau, sehingga mereka fokus terhadap perintah intellectual. Suara intellectual harus terdengar jelas diseluruh sudut kelas, tegas, nyaring, keras dan proporsional sesuai luas ruang kelas.
9. Cerdas, agar tampil cerdas, intellectual wajib menguasai materi to approximately extent commence, agar siap melayani pertanyaan yang sulit dari para PD.
10. Jujur, jika terpaksa,dalam keadaan tertentu Intellectual tidak mampu menjawab pertanyaan PD, intellectual mengatakan dengan jujur, namun tetap berusaha mencari solusi.
11. Bertanggung Jawab, jika intellectual memberikan tugas/popularity, harus diperiksa. Siswa yang lalai melaksanakan tugas, dicatat diberi sanksi dan tugas pengganti… 

Maju terus MGMP Matematika SMP DKI Jakarta …

Lihat Photo Kegiatan Semiloka :

Photo 1

Photo 2

DOWNLOAD MATERI :
1.  SKL Ujian Nasional 2013
2.  Prediksi Penjabaran Kisi-Kisi Ujian Nasional 2013
3.  Penilaian Kinerja Intellectual
4.  Buku I, Pedoman PKB
5.  Buku II, Pedoman PKG
6.  Permen Thumbs down. 35 2010, Jabatan Fungsional Intellectual
7.  PP Thumbs down. 74 2008 Tentang Intellectual
8.  Soal Olimpiade 2012
9.  Algebraic Olimpiad  
10. Matematika Rekreasi    
  


Original source : Semiloka MGMP Matematika SMP DKI Jakarta